Review Norival Energy Enhancer ( By " Blog keren - wadah untuk berbagi " )

Tentunya bikers tanah air udah gak asing lagi kan sama norival, itu tu cairan penghemat bbm dan penambah RON dan MON bbm. Penggunaannya pun mudah brosis, tinggal teteskan norival pada bbm pada tangki kendaraan kita, dan per liternya cukup 2 tetes saja. Menurut produsen norival, produk ini diklaim dapat menghemat bbm hingga 40%, meningkatkan tenaga dan torsi serta membuat mesin lebih awet. Untuk lebih jelasnya bisa langsung berkunjung ke www.mynorival.com dan www.norival.net


Sejauh ini saya sudah menggunakan 2 botol norival tipe gold untuk scorpio saya, dan cukup puas dengan hasil yang saya dapatkan. Namun dosis pemakaian norival saya bukan 2 tetes per liter tapi 2.5 tetes per liter, jadi setiap 2 liter bbm saya beri 5 tetes norival. Terbukti performa si pio jadi lebih baik ketimbang hanya 2 tetes per liter. Premium yang ditetesi norival benar-benar seperti pertamax, bahkan melebihi pertamax (dulu setia sama pertamax soalnya, jadi ya hafal :D). Mulai dari akselerasi yang lebih baik, sehingga motor terasa makin enteng, dan memuat konsumsi bbm menjadi lebih irit.

Dulu saat masih di bangku SMA scorpio saya pernah tembus 36 kpl dengan bbm pertamax, dan setelah saya beranikan diri untuk mencoba memakai norival ternyata diluar dugaan, scorpio saya dapat mencapai 43 kpl dengan hanya premium+norival.

Selain itu norival telah mempublikasikan hasil pengujian laboratorium tentang premium yang ditetesi norival (bisa dilihat di website resmi norival). Hasilnya pun bukan hanya RON nya saja yang meningkat namun juga MON nya. Perlu diketahui bahwa MON diukur pada beban yang lebih berat atau bisa dikatakan pengujiannya secara langsung pada mesin penguji, bukan hanya diuji pada lab layaknya RON. Dan sebenarnya MON lah yang lebih efisien sebagai satuan ukur kualitas bbm, bukan RON atau yang lebih dikenal dengan oktan tersebut.

Namun menurut saya penggunaan norival pada premium tetap riskan, karna kandungan berbahaya seperti seng dan belerang pada bbm premium walaupun ditetesi norival takkan berkurang. Walaupun kandungan unsur-unsur tersebut hanya sedikit dan telah lolos uji lab (sesuai standar) namun dalam jangka panjang pasti akan mengotori ruang bakar.

Jadi alangkah baiknya jika menggunakan pertamax namun tetap menggunakan norival namun hanya setengah dosis saja untuk mendapatkan performa yang lebih baik. Selain lebih baik dalam pembakaran, pertamax telah diberi aditif untuk mencegah karat pada tangki bahan bakar. Nah, pasti lebih awet dari premium kan, apalagi selisih harga pertamax dan premium sekarang terpaut sangat tipis, jadi mending pake pertamax aja sekalian hehe (tapi tergantung kompresi motor lho yaa)

Dengan berbagai plus minusnya, silahkan memilih bahan bakar sesuai dengan permintaan tunggangan tersayang brosis. Oiya, ini bukan promosi ya, cuman sedikit share review dan saran aja soalnya saya sendiri udah pake.

Sekian, semoga bermanfaat.

Sumber : http://psycho4scorpio.blogspot.co.id/2015/01/review-norival-energy-enhancer.html