OTOMOTIF.METROTVNEWS.COM

Penghemat BBM, juga Bisa Tingkatkan Kualitas BBM?

Ainto Harry Budiawan - 19 November 2014 09:28 WIB

etrotvnews.com, Jakarta: Ketuk palu kesepakatan untuk menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi, menjadi Rp8.500 menuai pro dan kontra. Di luar itu, yang pasti pengeluaran untuk transportasi akan lebih besar dibanding sebelumnya.

Menyiasati pengeluaran yang membengkak, Anda bisa mencoba beberapa metode menggunakan penghemat konsumsi BBM pada kendaraan. Seperti yang terdapat di bengkel XO Motoshop, Pos Pengumben, Jakarta Barat, yang menyediakan penghemat BBM merek Norival dan B***uet.

Dua merek ini berbeda bentuk dan cara kerjanya, untuk Norival yang terbuat dari minyak atsiri, akan meningkatkan kualitas BBM yang dipakai, menambah oktan dan diklaim bisa menghemat konsumsi BBM hingga 25 persen - 40 persen.

Namun perhatikan ketentuan khusus sebelum menuangkan Norival kedalam tangki BBM. "Untuk tipe gold, khusus untuk mesin berkompresi 9:1 sampai 10:1, takarannya 2 tetes untuk 1 liter BBM," kata Krisna, pemilik XO Motoshop.

Lain lagi dengan B***uet yang berupa benda padat yang dibungkus kawat baja. "Cara kerjanya menciptakan reaksi yang mampu memperbaiki kualitas BBM yang dipakai," kata Krisna lagi. Anda cukup memasukkannya ke dalam tangki BBM dan B***uet bisa dipakai hingga 400.000 kilometer.

Harga jual keduanya cukup terjangkau, Norival jenis gold Rp45 Ribu dan B***uet Rp120 Ribu. Yang patut diingat adalah efek semua jenis penghemat BBM akan terasa jika Anda berkendara dengan normal. Namun sebaliknya, jika berkendara ugal-ugalan, efeknya tidak akan terasa sama sekali.