Suzuki Shogun 2005 Bongkar Mesin

Nama : Jay.N
Jenis Motor : Suzuki Shogun 2005
No plat : B 6254 TFA
Tipe Norival : Norival Gold sejak Januari 2012


BONGKAR MOTOR !!!


Motor sudah berumur lebih dari 7 tahun. Kilometer sudah habis sejak 3,5 tahun lalu karena memang suka jalan jauh pulang balik kampung.

Bongkar mesin terakhir 4 tahun lalu. Sejak itu tidak pernah lagi bongkar kecuali service biasa seperti setel rantai, klep, atau membersihkan karbu. Ring Seher pun ganti saat bongkar 4 tahun lalu itu. Kini mumpung bongkar, sekalian foto juga hasil pembakaran didalam. Kondisi bongkar seperti ini :

Saya penasaran dengan kondisi ruang bakar saya selama 4 tahun ini.

 Ketika saya membuka mesin ini bersama meka
nik, benar-benar mengejutkan. Piston tampak sangat normal dan terbilang sangat bersih dibandingkan jarak tempuh pemakaiannya. Kondisi ring seher pun sangat baik dan tidak perlu diganti.

Mekanik menguji dengan MENGGORES kan obeng scara normal kepada kerak dan ternyata kerak langsung lepas menempel pada obeng. Tidak perlu diamplas, hanya di lap dengan bensin sudah bersih piston saya. Menurut mekanik, aditif yang saya gunakan berfungsi baik melunakkan kerak dan settingannya pas tidak menimbulkan kerak bandel.

 Soal settingan, sejak pertama ke MGK ktemu orang HO Norival, saya disettingkan karbu di tempat parkir. Menurut orang HO, settingan ini dijamin mantap. Ya selama ini memang saya rasakan mantap tarikannya. Terbukti dari hasil pembakaran sangat bersih dan warna busi bagus. Ini gambarnya :



( Pada piston terlihat goresan obeng yang menandakan kerak dengan mudah hilang hanya dengan goresan obeng tanpa amplas )

Piston warnanya pun merah bata. Mekanik saya cuma bilang ;
" Buat apa pak dibongkar sekarang. Tahun depan juga masih ok kok kondisi seperti ini "

Saya puas dengan hasilnya. Saya memang membaca beberapa hal tentang Norival apalagi di Facebook ini. Ternyata hasilnya di motor saya berbeda. Saya tidak mengerti setting. Karena itu meminta orang HO untuk menyettingkan. Ternyata terbukti settingannya mantap dan produknya bekerja baik.

Awalnya tidak berharap banyak soal kebersihan mengingat motor ini sudah mengalami 4x pulang kampung, ditambah pekerjaan harian yang menuntut setiap hari jalan. Saya menggunakan Norival sejak bulan Januari 2012 sampai detik ini. Tipe yang saya gunakan adalah Norival Gold.

Terima kasih, intinya saya puas dan membuktikan sendiri kalau motor saya kondisinya sangat baik. Klaim saya mungkin cuma 1, yaitu Rugi ongkos bongkar karena terlalu cepat menurut mekanik. masih bersih mesinnya.